Beranda » Berita » KPPU Presentasikan Dugaan Monopoli Tiket Penerbangan Umrah Garuda Indonesia

JAKARTA (ManasikNews) – Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) menggelar panel internal, untuk memaparkan hasil keterangan para saksi dalam perkara dugaan monopoli penjualan tiket penerbangan umrah Garuda Indonesia (PT Garuda Indonesia Tbk) oleh konsorsium kemitraan biro travel besar di Jakarta.

Dalam proses penyelidikan dugaan monopoli penjualan tiket penerbangan umrah di tangan empat biro travel yang ditunjuk Garuda Indonesia, yaitu NRA, Maktour, Kanomas, dan Wahana, pihak KPPU sudah memanggil lebih dari 20 pihak. Mereka antara lain direksi Garuda Indonesia, para ahli, dan mitra konsorsium.

“Insya Allah akan dipresentasikan untuk masuk menjadi Perkara berdasarkan fakta dan bukti selama penyelidikan berlangsung,” ungkap salah satu direktur KPPU kepada ManasikNews di Jakarta, Senin (14/10/2019).

Pemaparan keterangan para saksi yang berhasil dirangkum oleh KPPU tersebut dijadwalkan berlangsung hari ini (Senin, 14 Oktober 2019) di gedung KPPU, Jalan H. Juanda, Jakarta Pusat.

Direksi Garuda Indonesia seperti diketahui pada Maret 2019 lalu telah menunjuk empat agen besar untuk melayani penjualan tiket penerbangan umrah, yaitu NRA, Maktour, Kanomas, dan Wahana.

Kebijakan direksi maskapai penerbangan pelat merah itu dianggap dapat merugikan secara umum pelaku usaha biro perjalanan haji dan umrah. Kebijakan terindikasi praktik monopoli ini tak pelak menuai protes dari kalangan pelaku biro perjalanan haji dan umrah, yang tergabung dalam dua asosiasi, yaitu Persaudaraan Pengusaha Travel Umrah dan Haji Indonesia (Perpuhi) dan Serikat Penyelenggara Umrah dan Haji Indonesia (Sapuhi).

Kedua asosiasi travel haji dan umrah itu pun mengadukan tindakan direksi Garuda Indonesia tersebut ke KPPU.

sumber : manasiknews.id

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.